Powered by Blogger.
RSS
Container Icon

Vertigo

Pernah denger kata Vertigo ga? Kayaknya keren yach namanya :D tapi itu penyakit, dan kayaknya kalo berhubungan dengan penyakit itu rasanya pasti ga enak banget.

Sabtu kemaren tanggal 7 Juli 2007 sekitar jam 5an kurang ketika bangun tidur rasanya sekelilingku berputar-putar semua, tapi cuman sebentar. Aq kira hanya gejala darah rendah ato kurang darah soalnya aq sering kerasa pusing seperti itu. Abis sholat subuh, aq pake tidur lagi sampai jam 8. Waktu bangun kerasa berputar-putar lagi, duuhh ada apa dengan kepalaku ini. Berhubung masih ga enak buat bangun karena berasa mual akibat sekeliling yang berputar-putar akhirnya aq memutuskan untuk tidur lagi, dasar emang sebenernya masih pingin tidur hihihihi. Jam 10 aq bangun, udah berasa enakan, ga berputar-putar lagi.

Siangnya waktu sholat dzuhur, tepat sujud di rakaat ketiga .... wiiiiiiiiiinnnggggggggg ........ hah!! What happen with my world?!?!?! .... rasanya kamarku berputar kenceng banget, aq mo duduk itu dah ga bisa, jadinya aq sujud lama banget :D setelah agak reda, aq coba untuk duduk .... wuuiiihhh rasanya susah banget, apalagi waktu mo berdiri, malah dengan susah payah menjaga keseimbangan, rasanya bener-bener ga punya keseimbangan untuk berdiri, tapi aq tetep berusaha nyelesaiin sholatku meskipun akhirnya malah ga khusyuk .. (emang biasanya bisa khusyuk yaa?? ...:D ...)

Akhirnya sabtu malam aq dianterin temenku ke RSI 2 Jemursari Surabaya, gara-garanya ya itu tadi jadi makin sering rasa berputar-putarnya. Setelah diperiksa ...bla bla bla ... aq tanyain. Saya : "Saya kenapa Dok?"
Dokter : "Ouw gpp kok, cuma masalah dengan saraf keseimbangan"
Waks, penyakit macam mana pula itu (tapi tentu saja ini cuman dlm hati :D), mungkin dokternya ngerti dengan kebingunanku krn liat tampang bloonku kaleee akhirnya dia lanjutin
Dokter : "Itu bisa disebabkan oleh banyak hal, antara laen karena kecapekan, kebanyakan mikir ... Mbaknya kerja apa kuliah?"
Saya : "Kerja sama kuliah"
Dokter : "Nah itu, mungkin keberatan"
Yeee klo keberatan mestinya dah dari dulu aq kayak gini, tapi ga minta juga sih dikasih sakit berputar-putar gini :D
Saya : ..... hanya terdiam :p
Dokter : "Pake kacamata?" (sambil menulis resep)
Saya : "Engga"
Dokter : "Disuntik aja ya, biar pulangnya udah rada berkurang pusingnya ..."
Waks ......... SUNTIK?!?!?!?! Oh Nooooooooo!!! Aq kan udah gede, udah lulus kuliah bow' (hihihihi padahal sidang aja baru lulus tgl 5 Juli 2007, blm wisuda lagi ... :D), kayak anak SD aja pke disuntik segala.
Dokter : "Suntiknya di tangan" (kayaknya nih dokter bisa membaca pikiranku ...hihhiihihihi)Saya : ...... setelah dipikir-pikir akhirnya aq bilang "Yes" :D

Seninnya setelah masuk kerja, aq cerita ke temen kantorku ttg sakitku ini. Trs dia bilang mungkin itu kena Vertigo. Wah vocab baru nih, wajib googling. Setelah googling sebentar akhirnya aq dapat nih definisi tentang Vertigo.

Vertigo adalah sensasi berputar yang dapat terjadi kapanpun, meski tubuh kita dalam keadaan berdiri tegak. Lingkungan sekitar tampak bergerak, baik vertikal maupun horisontal. Beberapa orang merasakan bahwa mereka benar-benar berputar. Efeknya bisa ringan atau bahkan berat hingga kita bisa jatuh ke lantai. (http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=896)

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. (http://www.medicastore.com/cybermed/detail_pyk.php?idktg=4&iddtl=25)

Gejala vertigoVertigo dapat terjadi tiba-tiba dan berlangsung sebentar, tapi dapat pula terjadi selama beberapa hari. Mereka dengan vertigo yang berat bisa jadi tak dapat bangun dari tempat tidur dan hal ini akan mempengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Untuk itu, gejala vertigo dapat bervariasi tergantung berat ringannya. Gejala yang dapat dirasakan antara lain:

  • Tempat anda berpijak terasa berputar atau bergerak-gerak
  • Mual
  • Muntah
  • Sulit berdiri atau berjalan
  • Sensasi kepala terasa ringan
  • Tak dapat memfokuskan pandangan

Tapi aq ga tau sih yang aq alami itu vertigo ato bukan, tapi gejala di atas itu aq rasain semua. Dan yang pasti aq ga mo kayak gitu lagi, cukup sekali :( ga enak banget bolak-balik muntah 'n dunia serasa berputar-putar.

Makanya guys, mari qta mulai hidup sehat sejak sekarang :D

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: